Home Adventures Sumba Cocok Jadi Tujuan Liburan Tahun Depan? Cek Dulu!

Sumba Cocok Jadi Tujuan Liburan Tahun Depan? Cek Dulu!

0
Sumba Cocok Jadi Tujuan Liburan Tahun Depan? Cek Dulu!

Keindahan alam Indonesia yang sangat kaya memang pantas menjadikan banyak wisatawan asing berdatangan ke Indonesia. Tidak hanya Pulau Bali saja yang menjadi saksi keindahan alam Indonesia. Nusa Tenggara Timur punya Pulau Sumba yang juga menyimpan keindahan alam yang tak ada duanya.

Saking indahnya Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur ini bahkan banyak fotografer yang melakukan berbagai sesi pemotretan di pulau ini.

Kalau kamu suka banget liburan dan ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda dengan sensasi liburan yang selama ini kamu rasakan di Bali, kamu bisa datang langsung ke Sumba dan nikmati berbagai potensi wisata yang ada di sana. Daftar wisata di Sumba apa saja, bisa kamu simak dalam list informasi berikut ini. Cek selengkapnya yuk!

Daftar Wisata di Sumba Nusa Tenggara Timur

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri (rimbakita)

Alamat : Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop kecuali hari minggu (minggu tutup)
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang untuk wisatawan domestik, wisatawan mancanegara Rp 25.000,00

Pernah menyaksikan pantai yang ditumbuhi dengan pepohonan rindang di sekitarnya? Kalau belum pernah melihat pemandangan yang seperti itu, datang saja ke Pantai Walakiri di Sumba dan temukan pesona alam yang luar biasa di sana.

Pesona pantai dengan air laut yang sangat jernih dilengkapi pohon bakau rindang yang letaknya bersebelahan memberikan pesona alam tersendiri bagi wisata pantai di Sumba ini. Selain memiliki keunikan dari pohon bakau yang memberikan suasana rindang bagi pantai, hal menarik lain dari wisata Pantai Walakiri adalah tekstur pesisir yang memiliki dua jenis.

Pada tepi pantainya, pasir di Pantai Walakiri memiliki tekstur butiran kasar dengan warna putih gading seperti pasir – pasir di pantai pada umumnya. Akan tetapi di bekas laut surut pada Pantai Walakiri, tekstur pasirnya lebih halus seperti bedak atau semen basah.

Kamu yang suka bermain air, bisa banget bermain – main air kalau berwisata di Pantai Walakiri. Sesekali kamu pun bisa berenang di tepian dan jangan lupa abadikan moment dengan berfoto. Pastinya akan banyak foto – foto kece dan keren yang kamu bisa tangkap ketika liburan di Pantai Walakiri Sumba.

2. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu, Sumba (bisniswisata)
Pantai Nihiwatu, Sumba (bisniswisata)

Alamat : Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Untuk masuk di Pantai Nihiwatu harus menginap di resort yang ada di sekitarnya

Kalau pantai yang satu ini merupakan sebuah pantai yang dinobatkan sebagai “The Hidden Paradise of Indonesia”. Keeksotisannya bahkan menjadikan Pantai Nihiwatu ini menjadi satu dari 100 pantai terindah di dunia dan berada di urutan ke-17.

Pantai Nihiwatu merupakan pantai dengan ombak yang kencang. Karena memiliki ombak yang kencang , hal ini menjadikan Pantai Nihiwatu menjadi salah satu pantai tujuan surfing di Nusa Tenggara Timur.

Banyak peselancar profesional yang melakukan uji coba keganasan ombak untuk kegiatan surfing mereka. Dengan ombak kencang dan ganas yang dimiliki oleh Pantai Nihiwatu menjadikan pantai ini mendapat sebutan sebagai God’s Left.

Pantai Nihiwatu seringkali mendapat kunjungan dari wisatawan baik wisatawan domestik atau pun wisatawan mancanegara. Di sekitar pantai, banyak hotel dan resort yang bisa menjadi pilihan tempat bermalam kamu. Beberapa hotel dan resort dibangun menghadap ke pantai untuk memberikan suasana bermalam yang menyenangkan bagi setiap tamu yang menginap.

Kalau kamu lapar dan ingin menyantap makanan sembari bersantai, terdapat restoran – restoran menghadap ke pantai yang cocok menjadi tempat kamu sarapan, makan siang atau pun makan malam selama berada di Sumba.

3. Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro (localguidesconnect)
Pantai Ratenggaro (localguidesconnect)

Alamat : Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Hanya perlu membayar biaya parkir

Pantai Ratenggaro merupakan sebuah wisata yang menghadirkan perpaduan antara suasana wisata alam sekaligus wisata budaya. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang masih sangat alami. Pasir putihnya juga sangat bersih.

Banyak kegiatan wisata yang kamu bisa lakukan di Pantai Ratenggaro. Kamu dapat berenang, surfing, atau pun sekedar berjalan – jalan dan berfoto. Untuk kamu yang ingin datang ke pantai ini, kamu butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Sumba ke tempat di mana Pantai Ratenggaro ini berada.

Kalau kamu ke Pantai Ratenggaro, plusnya adalah selain bisa menikmati pesona pantai dengan pasir putih yang bersih, kamu juga bisa menemukan pesona desa adat bernama Kampung Adat Ratenggaro. Seperti apakah suasana yang akan kamu temukan di Kampung Adat Ratenggaro ini?

4. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro (hipwee)
Kampung Adat Ratenggaro (hipwee)

Alamat : Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim.
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kampung Ratenggaro merupakan sebuah kampung di tepi Pantai Ratenggaro yang warganya sampai saat ini masih memegang teguh kepercayaan dan adat setempat. Di kampung ini banyak hal menarik yang akan kamu saksikan.

Selain rumah adatnya yang sangat khas dengan desain atap lengkung yang unik, di kampung ini juga terdapat kuburan megalitikum yang dilestarikan sebagai tempat mengubur mayat atau jenazah leluhur dan serta mayat warga setempat yang meninggal.

Kalau kamu ingin berkeliling kampung adat ini, warga setempat menawarkan jasa menunggang Sandelwood yang merupakan kuda khas Sumba untuk menjadi transportasi tradisional kamu selama berkeliling kampung adat atau menyusuri pesisir pantai.

5. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang (sylviadwihartanti)
Air Terjun Waimarang (sylviadwihartanti)

Alamat : Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang untuk wisatawan domestic, wisatawan mancanegara Rp 25.000,00

Buat kamu yang suka trekking, wajib banget nih untuk kamu berkunjung ke sebuah wisata air terjun di Sumba bernama Air Terjun Waimarang. Air Terjun Waimarang ini merupakan sebuah air terjun terindah di Sumba yang memiliki dinding batuan dengan tiga tingkatan. Ketiga tingkatan tersebut mengalirkan air dengan debit yang cukup deras.

Tingkatan air terjun yang pertama merupakan tingkatan tertinggi dengan debit aliran air yang sangat deras, tingkatan kedua merupakan tingkatan air terjun dengan tinggi 7 meter sementara tingkatan ketiga merupakan tingkatan terendah dengan tinggi 3 meter saja.

Kalau kamu ingin tahu darimana aliran air yang mengalir pada masing – masing tingkatan air terjun, air yang mengalir tersebut merupakan air yang berasal dari kolam di atas tebing. Aliran airnya bergumul menjadi satu ditampung sebuah kolam di mana kolam tersebut bisa kamu gunakan untuk berendam atau berenang.

Kolam tersebut tidak hanya memiliki air yang jernih, melainkan juga dikelilingi oleh tebing batu unik yang menambah pesona cantik ketika difoto. Kamu yang suka foto – foto sambil bermain – main air wajib banget untuk datang ke Air Terjun Waimarang ini pastinya. Dapatkan pengalaman wisata yang tak ada duanya hanya di Air Terjun Waimarang.

6. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur (wikipedia)
Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur (wikipedia)

Alamat : Ndapayami, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 2.000,00 – Rp 5.000,00 termasuk biaya parkir

Masih membahas tentang pesona air terjun di Sumba. Selain Air Terjun Waimarang yang memiliki keunikan dari tebing indahnya, ada juga sebuah air terjun lain yang tak kalah indah bernama Air Terjun Tanggedu.

Jika kamu berangkat dari pusat kota Waingapu, untuk sampai di Air Terjun Tanggedu jaraknya sekitar 46 km. Waktu yang perlu ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Sesampainya di lokasi tujuan wisata, kamu tidak bisa langsung sampai di air terjunnya. Perjalanan masih harus kamu lewati. Kamu masih harus berjuang dengan naik turun bukit yang dilengkapi jurang di sekitarnya.

Namun tenang saja, sepanjang perjalanan kamu pun bisa berfoto karena pesona pemandangan perbukitan yang ditawarkan untuk menuju ke Air Terjun Tanggedu tak kalah indahnya dengan tujuan utama kamu.

Selain punya air terjun yang indah, masih banyak wisata lain di Nusa Tenggara Timur yang kamu wajib eksplorasi. Beberapa yang paling terkenal adalah Wae Rebo dan Danau Kelimutu yang ada di Flores. Kalau kamu berniat mengeksplornya, baca : Wisata Pulau Flores – Danau Kelimutu

Baca : Wae Rebo, Desa Eksotis Flores yang Terkenal di Kalangan Turis

7. Bukit Warinding

Bukit Warinding (kuyytravel)
Bukit Warinding (kuyytravel)

Alamat : Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 – Rp 50.000,00

Meninggalkan pesona air terjun yang ada di Sumba, sekarang kita beralih membahas tentang wisata bukit di Sumba. Sama halnya dengan ketika berkunjung ke wisata air terjun Tanggedu di mana kamu harus sampai di spot wisata tersebut dengan trekking, untuk sampai di wisata Bukit Warinding kamu juga perlu trekking menyusuri jalanan yang lumayan terjal.

Karena bukit ini berada di ketinggian, selama berada di tempat wisata kamu akan merasakan udara yang cukup sejuk.

Kalau kamu ke sini, ada dua hal menarik yang tak boleh kamu lewatkan yaitu menyaksikan pesona sunset atau pun sunrisenya yang mengesankan. Untuk mendapatkan momen sunrise yang indah, kamu bisa camping di atas bukit bersama rombongan.

Jangan lupa untuk membawa senter dan berbagai peralatan penunjang untuk menemani aktivitas camping kamu di Bukit Waringin. Cek juga peralatan camping kamu apakah sudah lengkap atau tidak dengan baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

Jika kamu berasal dari luar kota Sumba, jangan lupa untuk cari informasi tentang tiket pesawat murah untuk sampai di Sumba atau untuk pulang dari Sumba agar kamu bisa lebih berhemat. Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca juga : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Itulah sedikit ulasan tentang beberapa rekomendasi wisata Sumba yang cocok kamu sambangi. Dapatkan pengalaman wisata menarik dan tak ada duanya di Sumba dengan mengunjungi salah satu dari beberapa rekomendasi tempat wisata di atas. Happy holiday!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here