Home Adventures Wisata Vietnam – 7 Lokasi Ini Harus Banget Masuk ke Daftarmu!

Wisata Vietnam – 7 Lokasi Ini Harus Banget Masuk ke Daftarmu!

0
Wisata Vietnam – 7 Lokasi Ini Harus Banget Masuk ke Daftarmu!

Selain kebudayaan Vietnam yang menarik, hal menarik lain yang banyak orang ingin tahu tentang negara Vietnam adalah tempat-tempat wisatanya. Ada banyak icon wisata Vietnam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bangunan – bangunan dengan arsitektur khasnya, sampai dengan wisata alamnya semua menjadi alternatif liburan seru dan menarik yang ada di Vietnam.

Untuk kamu yang suka banget liburan dan bertemu dengan budaya baru, coba beli tiket pesawat ke Vietnam dan jalan – jalan deh ke sana. Rekomendasi wisatanya bisa kamu lihat dalam list berikut ini!

Daftar Wisata Vietnam Terpopuler

1. Kota Tua Hoi An

Kota tua Hoi An (triphobo)

Alamat : Hoi An, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 120,000

Hoi An merupakan sebuah kota tua yang sangat legendaris di Vietnam. Saking legendarisnya, Hoi An kini sudah masuk sebagai salah satu dari daftar tempat wisata bernilai sejarah dan budaya dalam situs warisan dunia UNESCO.

Kota tua ini merupakan sebuah kota penuh sejarah yang memegang peran sangat penting dalam perjalanan sejarah perdagangan yang terjadi di benua Asia dan benua Eropa pada abad ke-17 silam. Kamu yang datang ke Hoi An bisa berkeliling sembari menikmati suasana kota yang ditawarkan. Abadikan setiap moment kamu di Hoi An dengan latar belakang bangunan arsitektur yang megah dan menawan.

Oh ya, Hoi An merupakan kota yang tidak memiliki bandar udara. Karena itu, kalau kamu datang dari luar kota atau luar negeri dan ingin ke salah satu wisata Vietnam ini, kamu bisa mendarat di Da Nang. Kemudian perjalanan kamu dari Bandar udara Da Nang bisa dilanjutkan melalui jalur darat kurang lebih satu jam dengan naik bus untuk sampai di Hoi An.

Untuk harga tiket pesawat ke Vietnam tentu beragam tergantung jenis maskapainya. Kalau kamu warga Indonesia yang akan terbang ke Vietnam dan mencari tiket pesawat murah, baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Di Hoi An, ada banyak hal menarik yang kamu bisa lakukan. Selain berkeliling kota dengan naik becak atau jalan kaki, kamu juga bisa berwisata kuliner. Ada banyak pilihan wisata kuliner di Hoi An yang kamu bisa cicipi. Namun yang paling terkenal adalah mie khas Vietnam dan kopinya. Harga makanannya sangat terjangkau jadi kamu nggak perlu khawatir kantong bakal bolong kalau kulineran di Hoi An.

Pesona Hoi An semakin gemilang ketika malam tiba. Kota ini akan menjelma menjadi kota bertabur cahaya di malam hari. Sepanjang sungai di Hoi An akan dihias dengan deretan lilin yang menyala. Terdapat banyak lampion yang juga menghias jalanan. Suasana seperti ini menambah kesan romantis di malam hari ketika kamu liburan di Hoi An.

2. Sungai Mekong

Sungai Mekong (maikatours)
Sungai Mekong (maikatours)

Alamat : Mekong, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu ke Vietnam, nggak boleh lupa untuk berkunjung ke Sungai Mekong. Sungai Mekong ini merupakan salah satu spot wisata Vietnam yang paling legendaris.

Sungai ini merupakan sungai terpanjang di kawasan Asia Tenggara dengan panjang 4.350 km. Muaranya berakhir di Laut Cina Selatan. Sampai saat ini banyak wisatawan yang datang ke Vietnam tak lupa untuk menikmati suasana tenang yang diberikan oleh Sungai Mekong ini.

Wisata Vietnam - Sungai Mekong Vietnam (brighttax)
Sungai Mekong Vietnam (brighttax)

Di Sungai Mekong, kamu bisa menyusuri sungai dengan perahu. Kamu pun dapat menyaksikan seperti apa transaksi jual beli di pasar terapung Sungai Mekong ini. Pada Sungai Mekong pula kamu bisa berbelanja berbagai barang kebutuhan sehari – hari seperti aneka sayur dan aneka ragam bahan pokok yang transaksinya dilakukan di atas perahu.

Pasar apung di Sungai Mekong ini dikenal dengan nama Cai Rang. Untuk sampai di wisata Vietnam ini, kamu bisa berangkat dari bandara Tan Son Nhat ke kota Can Tho. Dari kota Can Tho, kamu bisa menuju Cai Rang dengan membeli tiket perahu di dermaga Ninh Kieu yang dibanderol dengan harga tiket mulai dari VND 40,000 – 60,000 per orang.

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada pasar terapung juga di daerah Banjarmasin. Kamu kalau berwisata di Banjarmasin bisa dipastikan bisa banget nih merasakan sensasi berbelanja seperti di Sungai Mekong.

Selain itu, rekomendasi destinasi wisata lain yang ditawarkan juga banyak banget. Baca : 10 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

3. Hutan Xeo Quyt

Wisata Vietnam - Hutan Xeo Quyt (asianwaytravel)
Hutan Xeo Quyt (asianwaytravel)

Alamat : Ấp 4, Cao Lanh, Đồng Tháp Province, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : VND 15,000

Pengalaman menyusuri Sungai Mekong masih belum cukup membuat kamu puas melakukan perjalanan wisata Vietnam?

Kalau begitu, kamu bisa berkunjung ke wisata Vietnam yang satu ini. Namanya Hutan Xeo Quyt. Hutan Xeo Quyt ini merupakan sebuah hutan dengan vegetasi hijau yang luasnya mencapai 52 hektar. Pengalaman wisata yang berbeda akan kamu rasakan selama mengelilingi hutan ini.

Karena di Hutan Xeo Quyt, kamu nggak perlu jalan kaki melainkan perjalanan menelusuri hutan ini dilakukan menggunakan kano. Sepanjang perjalanan, kamu juga akan menemukan bunker – bunker lama dan ladang tambang di bawah kanopi pepohonan hijau yang rindang.

4. Sa Pa Terraces

Wisata Vietnam - Sa Pa Terraces (bisnismudaid)
Sa Pa Terraces (bisnismudaid)

Alamat : Lao Cai, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Sa Pa merupakan salah satu tempat wisata di Vietnam yang memberikan nuansa pedesaan sangat khas. Kalau kamu suka suasana desa dan sedang jalan – jalan di Vietnam, kamu bisa banget nih ke Sa Pa.

Lokasi wisata Vietnam ini berada di Provinsi Lao Cai. Sa Pa berada di ketinggian 1600 mdpl dan masuk ke dalam wilayah Pegunungan Lien Son yang secara geografis berada di dekat perbatasan Tiongkok. Untuk sampai di Sa Pa, banyak pilihan transportasi umum yang kamu bisa gunakan. Salah satunya kamu bisa naik sleeper bus dari Hanoi dengan tarif mulai dari VND 10,000.

Mengenai penginapannya, di Sa Pa ini banyak banget pilihan penginapan yang kamu bisa pilih. Salah satunya kamu bisa menginap di sebuah penginapan bernama Cat Cat Garden. Pemandangan bukit yang indah berwarna hijau akan menjadi pemandangan yang kamu saksikan selama menginap di Cat Cat Garden ini. Lantas, berapa harga kamar per malamnya?

Mengenai harga kamar permalamnya di Cat Cat Garden, kamu perlu mengeluarkan dana mulai dari VND 820,000 per malam. Recommended banget deh pokoknya bermalam di Cat Cat Garden ini. Tapi kalau kamu belum punya cukup dana untuk liburan di Sa Pa, Vietnam namun mau banget menikmati keindahan alam seperi yang ada di Sa Pa, kamu bisa jalan – jalan di Bali.

Ada sebuah tempat wisata di Bali yang keindahan alamnya mirip dengan Sa Pa yaitu Tegalalang. Kamu juga bisa menikmati beragam wisata Bali lainnya, baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

5. Pulau Phu Quoc

Wisata Vietnam - Pulau Phu Quoc (upgradedpoints)
Pulau Phu Quoc (upgradedpoints)

Alamat : Phu Quoc, Provinsi Kien Giang, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Pulau Phu Quoc merupakan salah satu wisata Vietnam yang berupa pulau yang hadir dengan keindahan alam yang tak ada tandingannya. Kalau kamu mengunjungi wisata Vietnam ini, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata. Kamu bisa menikmati hiking, snorkeling sampai dengan kayak. Dijamin deh, pecinta liburan nggak bakal bisa move on setelah liburan dari Pulau Phu Quoc ini.

Pulau Phu Quoc memiliki spot renang yang bernama Da Ngon Stream. Di spot tersebut kamu bisa berenang sepuasnya sembari menyaksikan kegiatan satwa liar yang sesekali akan mondar – mandir. Angin yang sepoi – sepoi semakin membuat suasana berenang semakin damai.

Selain pemandangan alam yang indah, Pulau Phu Quoc juga merupakan tempat wisata Vietnam yang di mana kamu bisa merasakan budaya Vietnam itu seperti apa. Terdapat kuil dengan arsitektur khas Vietnam yang unik di salah satu wisata Vietnam terbaik ini.

Pada setiap kuil tersebut, masing – masing memiliki sisi unik tersendiri. Ada kuil yang memiliki mercusuar, pagoda dan sebagainya. Pokoknya kalau wisata Vietnam, wajib banget deh mampir berkeliling Pulau Phu Quoc dan dapatkan berbagai pengalaman wisata seru.

Sebelum pulang dari wisata Vietnam Pulau Phu Quoc, jangan lupa untuk berwisata kuliner. Kamu bisa mencoba mencicipi berbagai makanan di beberapa restoran yang tersebar di Pulau Phu Quoc seperti restoran Na Hang Song Le, Kim Cuong I, dan yang lainnya.

6. Ha Long Bay

Ha Long Bay (eventaa)
Ha Long Bay (eventaa)

Alamat : Thành phố Hạ Long, Provinsi Quang Ninh, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 150,000

Kalau bicara soal keindahan alam, Ha Long Bay merupakan sebuah wisata Vietnam yang memiliki lebih dari 1,600 pulau besar dan beberapa pulau kecil yang membentuk gumpalan batuan kapur putih. Kesan yang indah, dan menakjubkan akan kamu saksikan.

Ha Long Bay sendiri memiliki luas mencapai 43,400 ha. Sejauh mata memandang, suasana air laut yang bersih dengan tebing tinggi menjulang akan kamu temukan. Kamu bisa naik perahu, berfoto sampai dengan menikmati pesona sunset dan sunrise yang indah di pulau perawannya Vietnam ini.

Untuk menuju ke wisata Vietnam Ha Long Bay, butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari kota Hanoi. Kamu bisa naik bus atau menggunaan kendaraan pribadi dari pusat kota Vietnam menuju kawasan Teluk Tonkin, tempat di mana Ha Long Bay berada.

7. The Sand Dunes

The Sand Dunes
The Sand Dunes

Alamat : 01 Hòn Rơm, ĐT716, Mũi Né, Thành phố Phan Thiết, Bình Thuận, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 15,000

The Sand Dunes merupakan sebuah padang pasir indah di Vietnam yang terdiri atas dua zona yaitu zona padang pasir putih (White Sand Dunes) dan padang pasir merah (Red Sand Dunes).

White Sand Dunes merupakan area padang pasir luas yang memiliki banyak pohon pinus bertengger di sana. Di wisata Vietnam yang satu ini, terdapat sebuah danau kecil di tengah padang pasir yang selama ini menjadi objek foto setiap orang yang datang ke sini.

Danau kecil tersebut memiliki air yang jernih dan memang sangat menyita perhatian karena letaknya yang persis di tengah padang pasir luas. Kalau kamu berkunjung ke The Sand Dunes dan ingin sampai di White Sand Dunes, kamu bisa jalan kaki atau naik ATV. Kalau kamu memilih naik ATV, kamu akan dibebani biaya sebesar VND 150,000.

Sementara Red Sand Dunes, areanya tidak terlalu luas seperti White Sand Dunes. Tekstur pasirnya lebih kasar dibandingkan tekstur pasir yang ada di White Sand Dunes. Di Red Sand Dunes sendiri, banyak aktivitas wisata yang kamu bisa lakukan.

Kamu dapat bermain papan seluncur yang disediakan. Papan seluncur tersebut terbuat dari bahan fiber. Sementara ketika musim dingin tiba, banyak anak yang bermain layangan di spot ini.

Buat kamu pecinta sunset dan sunrise, kamu bisa menikmati eloknya sunrise dan sunset yang ada di The Sand Dunes Vietnam. Untuk menikmatinya, menginap saja di hotel yang berada di sekitar The Sand Dunes. Keajaiban dunia yang sebenarnya akan kamu rasakan ketika sunset atau sunrise tiba di pelupuk mata kamu. Abadikan moment berkesan dengan kamera ketika menyaksikan atau merasakan sunset dan sunrise di depanmu.

Itulah berbagai tempat wisata Vietnam yang harus masuk ke daftar tujuan liburan kamu di Vietnam. Sementara untuk kamu yang belum punya cukup tabungan untuk liburan di luar negeri, kamu bisa tabung saja dulu dan gunakan uang liburan kamu untuk keliling Indonesia.

Banyak juga lho tempat wisata di Indonesia yang eksotismenya nggak kalah dengan wisata Vietnam. Baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here