Home Adventures 11 Tempat Wisata Healing dan Budget Viral

11 Tempat Wisata Healing dan Budget Viral

0
11 Tempat Wisata Healing dan Budget Viral

Wisata Jakarta Murah dan Viral – Kita semua tahu kalau Jakarta udah resmi bertransformasi jadi mega city yang terus berdengung selama 24 jam sehari. Tapi ya, hebatnya adalah bahwa aura penduduk setempat ini selalu memiliki senyum dan pandangan yang positif.

Plus, untuk urusan kuliner, provinsi Ibu kota ini terkenal dengan jajanan kaki lima dan kopi kelas dunianya! Nah, dalam postingan kali ini, kita akan melihat lebih dekat tempat-tempat viral dan terbaik untuk dikunjungi di Jakarta. Yuk cek sekarang!

Pantai Ancol – @adeirwn21

BACA JUGA: Eightman Sudirman, Resto Ramen Hidden Gem Terenak di Jakarta

1. Kota Tua

Alamat : Kota Tua, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, Jakarta
Map : Klik di sini

Kota Tua biasanya adalah perhentian pertama bagi wisatawan dan pelancong di Jakarta. Hal ini tidak mengherankan karena bangunan tertua dan paling bersejarah dari era kolonial Belanda dapat ditemukan di area ini! Area metropolitan di masanya ini memiliki alun-alun bergaya Belanda dengan deretan sejarah yang dijelaskan dengan apik. 

Kali Besar Kota Tua – griyasatria

Pada pergantian abad, bangunan-bangunan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah, namun banyak yang telah dipugar dan kawasan ini dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014. Jelajahi arsitektur dan tempat jajanan kaki lima di Kota Tua dengan berjalan kaki atau bersepeda!

2. Lapangan Merdeka

Alamat : RT.5/RW.2, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta 10110
Map : Klik di sini
Jam Buka Monas: 06.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp 4.000 – Rp 15.000,00

Kalau kamu kebetulan bepergian sendiri dan ingin menghindari perasaan kesepian pas lagi di Jakarta, kamu bisa banget tu pergi ke Lapangan Merdeka. Area ini merupakan salah satu zona publik terbesar di dunia dan tempat dimana penduduk setempat datang untuk “melarikan diri” dari hiruk pikuk kota. 

Lapangan Merdeka – @holidify

Alun-alun ini berpusat di sekitar Monumen Nasional, yang berdiri setinggi 132 meter. Kamu tahu kan kalau di lantai dasar dari Monas ada museum yang informatif. Tapi nih ya, kalau kamu tidak takut ketinggian dan ingin berfoto, yuk lah naik ke dek observasi di puncaknya!

3. Taman Mini Indonesia Indah – Wisata Jakarta Murah

Alamat : Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp 25.000,00

Kehabisan ide untuk liburan di Jakarta? Hmm, ini adalah waktu yang tepat untuk pergi ke Taman Mini Indonesia Indah. Nama taman ini secara harfiah mendefinisikan nama Taman Mini Indonesia Indah. Satu-satunya yang missing adalah kata “mini” karena TMII mencakup area yang sangat luas. 

Area Taman Mini Indonesia Indah – Situs Resmi TMIIz`

Tapi nih ya, taman ini memang harus dibuat besar karena di dalamnya terdapat taman, bioskop IMAX, taman air, dan masih banyak lagi! Singkatnya nih ya, TMII adalah tempat yang paling ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil melakukan petualangan yang unik dan bersantai.

4. Glodok

Alamat : Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta
Map : Klik di sini

Glodok mungkin bukan destinasi yang paling ramah untuk turis, tapi Glodok adalah rumah bagi beberapa spot makan enak terbaik di Jakarta. Jajanan food street di area ini adalah salah satu tempat hidden spot yang underrated terutama untuk kamu yang suka makanan ala ala Chinese gitu. 

Wisata Jakarta Murah
Glodok – Wikimedia

Di Glodok, kamu bakal menemukan sejumlah kedai makanan kaki lima di sepanjang trotoar, serta berbagai restoran Tiongkok yang berkisar dari kelas bawah hingga yang termewah! Pokoknya sulit untuk tidak menemukan sesuatu yang lezat untuk dimakan di sini.

5. Dunia Fantasi

Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 14430
Map : Klik di sini
Jam Buka : 10.00 – 19.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp175.000-Rp300.000

Buat kamu yang udah jengah dengan atraksi budaya dan kadang harus bepergian dengan anak-anak, Dunia Fantasi Ancol bisa jadi salah satu opsi paling menyenangkan di Jakarta.  Taman Impian Jaya Ancol ini disiapkan untuk membahagiakan semua kalangan mulai dari para anak kecil yang akan tersenyum dengan adanya cangkir teh yang berputar dan Hello Kitty Dreamland. 

Wahana Ontang-Anting – nibble.id

Sementara si remaja yang lagi tumbuh besar dan agak sensi kalau diajak jalan-jalan bareng akan membuat hilang cemberutnya oleh wahana Hysteria! Oh iya, lokasi liburan murah dan viral di Jakarta ini juga terus meng-update wahana baru mereka tiap tahunnya lho!

6. Museum Nasional Indonesia – Wisata Jakarta Murah

Alamat : Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 10110
Map : Klik di sini
Jam Buka : 09.00 – 15.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp 15.000 – Rp 25.000

Tepat di seberang Lapangan Merdeka, kamu bakal menemukan salah satu museum yang paling mengesankan dan konon yang terpenting di Asia Tenggara, yaitu Museum Nasional Indonesia. Begitu kamu masuk aja, kamu akan disambut oleh patung gajah yang indah di area halamannya, yang membuatnya dikenal sebagai Gedung Gajah. 

Wisata Jakarta Murah
Area Depan Museum Nasional Indonesia – Situs Resmi

Koleksi museum ini terdiri dari lebih dari 100.000 benda. Benda-benda tersebut berkaitan dengan seni, pertanian, bahasa, dan agama dalam sejarah nasional dan regional di tanah Air. Jelas, tempat ini adalah opsi liburan dan atraksi yang tidak boleh dilewatkan!

7. Masjid Istiqlal

Alamat : Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 10710
Map : Klik di sini

Faktanya adalah, hampir 90% dari 260 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Jadi, pantas aja kalau kamu bisa menemukan masjid terbesar di Asia Tenggara di Jakarta, dan terbesar ke-3 di dunia. Masjid monumental ini dapat menampung 20.000 orang lebih banyak dari stadion sepak bola Camp Nou di Barcelona lho! 

Masjid Istiqlal – Shutterstock

8. Taman Suropati

Alamat : Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 10310
Map : Klik di sini

Pertama-pertama, area ini adalah desa hijau yang dikelilingi oleh rumah-rumah mewah di perumahan Menteng. Tapi sekarang, Taman Suropati udah jadi tempat favorit wisatawan dan penduduk setempat yang ingin melarikan diri dari lalu lintas dan kebisingan hutan beton di Jakarta. 

Wisata Jakarta Murah
Taman Suropati – Shutterstock

Area ini adalah tempat yang paling tepat untuk menghabiskan hari dengan santai setelah mengunjungi beberapa landmark di Jakarta. Kamu bisa berbaring di atas rumput sambil mengelus salah satu dari sekian banyak kucing yang ada di taman ini.

9. Wisata Jakarta Murah – Jalan Jaksa

Alamat : Kebon Sirih, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta
Map : Klik di sini

Setelah selesai jalan-jalan keliling Jakarta, selanjutnya adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Jalan Jaksa. Dulunya nih ya, jalan ini penuh dengan rumah-rumah dan hostel reyot, namun proses gentrifikasi telah mengubahnya menjadi lebih modern tanpa kehilangan pesona dan karakternya. 

Jalan Jaksa – @pergimulu

Kalau kamu kebetulan bepergian ke Jakarta dengan anggaran terbatas, mungkin inilah tempat yang harus kamu kunjungi – dan kamu pasti akan menyukainya! Jalan Jaksa berjarak sekitar 1 km dari Museum Nasional dan Lapangan Merdeka, jadi cukup mudah untuk hanya berjalan kaki atau naik transportasi umum sambil melihat beberapa landmark terbaik di Jakarta!

10. Setu Babakan 

Alamat : Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta
Map : Klik di sini

Salah satu tempat viral yang juga perfect untuk melarikan diri dari hiruk pikuk Jakarta. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan pengalaman di desa budaya tradisional dan belajar tentang cara hidup penduduk asli di sekitar Jakarta. Setu Babakan sebenarnya adalah pusat dari desa ini. 

Wisata Jakarta Murah
Setu Babakan – Situs Resmi

Tempat ini paling direkomendasikan untuk dikunjungi dalam satu hari karena membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk sampai ke desa ini dengan transportasi umum. Terletak di Jakarta Selatan, desa ini berjarak lebih dari 20 km dari Lapangan Merdeka. Jauh sih, tapi worth it lho!

BACA JUGA: Tempat Ngopi Terenak di Jakarta

11. Ancol – Wisata Jakarta Murah

Alamat : Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta
Map : Klik di sini

Kompleks perbelanjaan dan hiburan di tepi Teluk Jakarta ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk having fun. Mulai pagi hari kamu dengan berbelanja di berbagai toko brand lokal dan internasional, sebelum bermain olahraga air gratis di sore hari.

Pantai Ancol – @utyyulianti17

Jadi, kalau kamu berkunjung ke Jakarta, inilah tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas yang memacu adrenalin! Cobain semua pengalaman mulai dari bermain jet-ski, banana boat, hingga berlayar di Pantai Ancol!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here