Home Adventures Taman Literasi Blok M Jakarta

Taman Literasi Blok M Jakarta

0
Taman Literasi Blok M Jakarta

Review Taman Literasi Blok M – Membaca telah menjadi kegiatan yang sangat populer belakangan ini, terutama semenjak pandemi melanda. Terbatasnya variasi kegiatan di berbagai kota, memaksa banyak orang untuk mengurangi kegiatannya di luar rumah.

Hal semacam ini tentu saja berakibat pada banyaknya waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, salah satunya membaca. Meskipun pandemi kini telah dinyatakan berakhir, kegiatan membaca tak pernah kehilangan penggemarnya. Hobi yang satu ini bahkan kita bisa diakomodir dengan ketersediaan opsi membaca di ruang terbuka seperti taman.

BACA JUGA: Hemat Dan Irit, Inilah Delapan Tempat Wisata Gratis di Bali

Setidaknya ada tiga Taman Literasi yang ada di Jakarta yaitu Taman Literasi Ismail Marzuki, Taman Literasi Cikini dan Taman Literasi Blok M, yang menjadi taman bacaan yang paling populer di Jakarta. Taman yang berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar ini didedikasi untuk mempromosikan literasi dan membaca.

Taman Literasi Blok M (urbanasia)
Taman Literasi Blok M (urbanasia)

Eh tahu gak sih kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi populer bagi para pencinta buku dan masyarakat umum karena tempat hangout asik ini menyediakan berbagai fasilitas yang menarik dan semuanya akan dikupas habis dalam artikel ini. Yuk simak ulasan selengkapanya!

Alamat : Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Map : Klik di sini
Jam Buka : 09.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Literasi Jakarta

Tak berlebihan jika menyebutkan Taman Literasi adalah tuan rumah berbagai acara kesusastraan dan kebudayaan. Banyak penulis melakukan peluncuran buku, talkshow, dan pembacaan puisi, serta lokakarya dan seminar tentang topik terkait literasi dan pendidikan di tempat ini.

Dengan mengusung konsep taman bacaan di area open space, maka kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengakses ruang perpusatakaan, ruang baca, hingga ruang pertemuan. Jam operasional Taman Literasi Jakarta berbeda-beda untuk setiap cabangnya. Taman Literasi Blok M adalah taman yang buka paling pagi di antara 2 cabang lain yaitu jam 09.00-17.00 WIB saat weekday dan 09.00-16.00 WIB saat weekend.

Fasilitas Populer

Popularitas area membaca modern ini diraih karena memiliki berbagai fasilitas yang mendorong literasi dan pembelajaran, termasuk perpustakaan, ruang baca, area penceritaan, area diskusi, dan taman bermain anak. Tujuan dari taman ini adalah untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk belajar, terlibat dalam kegiatan budaya, dan menumbuhkan minat baca dan pembelajaran. Tak berlebihan rasanya jika mengatakan kalau fasilitas penunjang kegiatan membaca di tempat ini cukup lengkap seperti di bawah ini:

BACA JUGA: Review One Satrio: Tempat Nongkrong Paling Hits di Jakarta

1. Perpustakaan Umum

Buat kamu yang mencari koleksi buku penambah pengetahuan atau karya sastra, perpustakaan di Taman Literasi Jakarta adalah tempatnya. Koleksi buku di perpustakaan ini terbilang lengkap dan bervariasi, mulai dari buku pelajaran, novel, buku non-fiksi, buku anak-anak, dan masih banyak lagi. Koleksi buku di perpustakaan ini akan terus bertambah dan diperbarui secara berkala, loh. Jadi kamu tidak akan kehabisan bahan bacaan tiap kali berkunjung ke sini.

Para petugas perpustakaan juga selalu siap membantu kamu untuk mencari dan meminjam buku, memberikan rekomendasi buku, serta menjawab pertanyaan dan membantu kamu dalam berbagai hal. Demi menunjang kenyamanan pembaca, perpustakaan ini menyediakan ruangan AC yang sejuk hingga meja dan kursi yang ditata ergonomis, loh. Dijamin deh, kamu akan tenggelam dalam kenyamanan dan lengkapnya bahan bacaan di sana.

Taman Literasi
2. Ruang Baca

Jika kamu mencari suasana yang lebih tenang, kamu bisa mengunjungi ruang baca yang tak jauh dari perpustakaan umum. Ruangan yang didesain dengan domininasi warna cerah ini, memberi kesan modern dan tidak membosankan. Meja dan kursi di ruangan ini juga ditempatkan dengan jarak yang cukup nyaman, sehingga kamu bisa bekerja atau membaca dengan nyaman.

Berhubung ruangan ini lebih banyak digunakan untuk membaca atau bekerja, ruangan ini dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup terang dan optimal. Selama berada di sini, kamu tidak akan kesulitan dalam membaca buku atau materi belajarmu karena ruangan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti sinyal Wi-Fi yang cepat dan stabil juga jaringan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik, seperti laptop atau ponsel.

3. Ruang Pertemuan

Taman Literasi Jakarta sudah menjadi rumah bagi para pecinta kegiatan kesusastraaan, khususnya daerah Blok M. Ada banyak author yang melakukan peluncuran bukunya di sini. Sebut saja Dee Lestari yang menggunakan ruang pertemuan di Taman Literasi untuk peluncuran buku “Aroma Karsa” pada tahun 2020 lalu.  

Taman Literasi

Ruang pertemuan di lokasi ini Jakarta dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan modern, seperti proyektor, layar proyektor, sound system, meja dan kursi, dan sinyal Wi-Fi yang cepat dan stabil. Ruangan yang biasa digunakan untuk seminar, diskusi hingga pelatihan ini memiliki beberapa ruang pertemuan dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk menggunakan ruang pertemuan di Taman Literasi Jakarta, kamu bisa melakukan pengajuan permohonan melalui situs web resmi atau menghubungi pihak pengelola secara langsung. Pihak pengelola tempat ini akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapasitas dan ketersediaan ruang pertemuan, serta biaya dan persyaratan yang diperlukan untuk menggunakan ruang pertemuan yang akan kamu gunakan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Murah Dan Enak Di Grand Indonesia

4. Area Taman Terbuka Hijau

Tak hanya ramah untuk para pembaca, Taman Literasi juga memiliki taman terbuka hijau yang luas dan asri yang diisi oleh berbagai jenis tanaman hias dan pepohonan. Keberadaan area ini tak hanya memberi kesan sejuk dan indah tapi juga ketenangan yang hakiki.

Taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti bangku-bangku taman yang tersebar di berbagai sudut taman. Kamu bisa duduk santai di bangku taman sambil menikmati keindahan taman dan suasana yang tenang. Selain itu, terdapat pula area jogging-track di sekitar taman yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga dan menyegarkan tubuh sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan.

5. Arena Bermain Anak

Taman Literasi juga menyediakan area bermain yang cukup luas dan beragam permainan yang disesuaikan dengan usia anak-anak. Beberapa jenis permainan yang tersedia di area bermain anak di Taman Literasi Blok M antara lain adalah perosotan, ayunan, mainan pasir, dan tempat bermain air. Selain itu, terdapat pula area yang dilengkapi dengan kursi ayunan gantung yang bisa digunakan oleh anak-anak atau keluarga yang ingin bersantai dan menikmati suasana taman.

Bisa dikatakan, Taman Literasi adalah tempat yang sangat direkomendasikan bagi pecinta buku dan masyarakat umum yang ingin menikmati suasana nyaman dan tenang untuk membaca atau beraktivitas lainnya.

Taman Literasi

Keberadaan taman terbuka hijau dan perpustakaan telah menjadikan Taman Literasi sebagai tempat paling favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau me time. Entah dengan menikmati suasa alam, berolahraga, atau mencari ketenangan membaca, Taman Literasi bisa memfasilititasi semuanya. Menarik sekali bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here