Home Adventures Wisata di Korea Selatan – 8 Lokasi yang Paling Diminati Orang-Orang

Wisata di Korea Selatan – 8 Lokasi yang Paling Diminati Orang-Orang

0
Wisata di Korea Selatan – 8 Lokasi yang Paling Diminati Orang-Orang

Kalau bicara soal Korea Selatan, yang menarik untuk dibahas dari negara ini bukan hanya soal drama Korea dan paras cantik aktrisnya. Ada banyak hal menarik tentang Korea Selatan yang juga menarik untuk di bahas, salah satunya adalah soal tempat wisata di Korea Selatan.

Hampir semua daerah di Korea Selatan punya jagoan wisata sendiri – sendiri baik itu icon wisatanya atau wisata alamnya. Di antara tempat wisata Korea Selatan tersebut ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Nah, untuk kamu yang punya rencana untuk jalan – jalan ke Korea Selatan, siapkan itinerary kamu dari sekarang karena banyak banget lho spot menarik yang perlu kamu kunjungi. Apa saja? Kamu bisa cek daftarnya dalam ulasan di bawah ini! Let’s check these out!

Daftar Tempat Wisata di Korea Selatan Terpopuler

8. Namsan Park

Namsan Park (vietravel)

Alamat : Distrik Jung, Seoul, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kamu yang ingin menikmati jalan – jalan gratis pada tempat wisata di Korea Selatan bisa langsung datang ke salah satu spot wisata di Seoul yaitu Namsan Park. Namsan Park terletak di Gunung Namsan yang merupakan salah satu gunung terpopuler yang ada di Korea Selatan.

Suasana yang sejuk akan kamu rasakan selama berjalan – jalan di Namsan Park, karena wilayahnya yang berada di sekitar daerah pegunungan. Selama jalan – jalan di salah satu wisata di Korea Selatan ini, kamu pun akan menyaksikan aneka ragam jenis bunga dan pepohonan yang cantik dan keren sejauh mata memandang.

Setelah lelah jalan – jalan, kamu pun bisa bersantai dengan duduk – duduk di kursi – kursi yang disediakan di area taman. Pada malam hari, suasana Namsan Park semakin indah. Hal tersebut terjadi karena pemandangan lampu warna – warni yang dinyalakan sebagai penerangan taman.

Oh ya, kalau kamu kebetulan sedang membawa kamera, jangan sia – siakan kesempatan kamu untuk berfoto – foto dengan background arsitektur taman yang memukau dan abadikan setiap moment seru kamu selama di Namsan Park.

Wisata di Korea Selatan - Namsan Park Malam Hari (myeongdong)
Namsan Park Malam Hari (myeongdong)

Untuk kamu yang tertarik jalan – jalan di Namsan Park selama melakukan perjalanan wisata di Seoul Korea Selatan, ada dua cara menuju Namsan Park yang kamu bisa pilih. Cara pertama adalah dengan naik cable car yang memakan waktu 3 menit saja.

Untuk naik cable car ini, kamu perlu berangkat dari Stasiun Myeongdong ke pintu exit nomor 3 dan berjalanlah ke arah jalur selatan di Toegye-ro 18-gil street. Kamu akan menemukan sebuah hotel bernama Pacific Hotel, kemudian beloklah ke arah kiri menuju Toegye-ro 20 gil street.

Nanti kamu akan melihat mini stop, belok kanan menuju ke jalan Toegye-ro 20 na gil. Di sana kamu akan menemukan stasiun cable car yang akan mengantar kamu ke Namsan Park. Sementara cara kedua adalah cara yang bisa dilalui untuk kamu yang suka jalan – jalan. yaitu naik tangga yang disediakan.

7. Namsan Seoul Tower

Wisata di Korea Selatan - Namsan Seoul Tower (kumparan)
Namsan Seoul Tower (kumparan)

Alamat : 105 Namsangongwon-gil, Yongsan 2(i)ga-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 23.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Masih membahas tentang tempat wisata di sekitar gunung Namsan, selain kamu bisa menemukan Namsan Park, kamu juga bisa menemukan sebuah menara bernama Namsan Seoul Tower. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang sangat populer.

Saking populernya tempat wisata di Korea Selatan ini bahkan menjadi lokasi dari adegan dalam banyak sekali serial drama Korea. Tempatnya yang romantis dan indah menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengambilan scene dalam drama Korea dilakukan di sini.

Beberapa drama Korea yang melakukan pengambilan scene di salah satu tempat wisata di Korea Selatan ini adalah Boys Before Flower, City Hunter, dan Princess Hours. Pasti kamu nggak asing lagi dengan beberapa serial drama Korea tersebut?

Wisata di Korea Selatan - Namsan Seoul Tower (klook)
Namsan Seoul Tower (klook)

Selain tentang suasana romantis yang ditawarkan, menara setinggi 138 meter ini juga populer di Korea Selatan karena mitos tentang gembok cinta yang berada di salah satu bagian menara. Menurut kabar yang beredar, seseorang yang mengajak pasangannya ke Namsan Seoul Tower dan menuliskan nama mereka berdua di gembok yang telah dikunci di puncak menara maka cinta mereka berdua akan abadi selamanya. Bagaimana? Apakah kamu percaya dengan mitos tersebut?

Percaya atau nggak sih yang paling penting adalah kalau kamu jalan – jalan ke Korea Selatan wajib banget buat datang ke spot paling keren dan romantis di Seoul ini. Jangan sampai terlupa ya sobat!

Oh ya, buat kamu yang berasal dari Indonesia atau negara lain dan sedang mencari tiket pesawat murah ke Korea, baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca juga : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

6. Bomun Pavilion

Bomun Pavilion (worldtravelguide)
Bomun Pavilion (worldtravelguide)

Alamat : Sinpyeong-dong, Gyeongju-si, Provinsi Gyeongsangbuk, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Selama ini Korea selalu identik dengan bunga sakura yang indah. Nah, keindahan bunga sakura tersebut bisa kamu saksikan kalau berkunjung ke Bomun Pavilion. Lokasi Bomun Pavilion sendiri berada di Bomun Lake Resort yang beralamat di Sinpyeong-dong, Gyeongju-si, Provinsi Gyeongsangbuk, Korea Selatan.

Bomun Pavilion dibangun pada masa Dinasti Silla. Di salah satu wisata di Korea Selatan ini kamu akan melihat pavilion yang sangat indah terletak di tepi danau. Bunga sakura yang bermekaran juga akan menjadi panorama estetik yang kamu nikmati dan tangkap dengan kameramu selama berlibur di salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang tiket masuknya gratis ini.

Untuk sampai di Bomun Pavilion ini, kamu hanya perlu naik bus nomor 10 atau nomor 18 dari Gyeongju Intercity Bus Terminal menuju ke Bomun Lake Resort. Lama perjalanan yang kamu perlu tempuh dari Gyeongju kurang lebih sekitar 20 hingga 30 menit.

5. Gyeongbok Palace

Gyeongbok Palace (silverkris)
Gyeongbok Palace (silverkris)

Alamat : 161 Sajik-ro, Sejongno, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk :

  • 1,500 won untuk pengunjung mancanegara usia 7 tahun – 18 tahun.
  • 3,000 won untuk pengunjung mancanegara dewasa usia 19 tahun – 64 tahun.
  • 3,000 won untuk pengunjung lokal usia 25 tahun – 64 tahun, di bawah usia tersebut gratis.

Istana Gyeongbok atau Gyeongbok Palace merupakan sebuah istana kerajaan yang luasnya sekitar 410.000 meter persegi. Istana ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Jeong do jeon di tahun 1394.

Pada tahun 1592 – 1598 kemudian istana ini dihancurkan karena adanya invasi Jepang di Korea. Lalu setelah invasi mereda, pada tahun 1860an Gyeongbok Palace dibangun kembali.

Akan tetapi masalah demi masalah antara Jepang dan Korea ternyata masih terus saja bergulir. Oleh sebab itu pada tahun 1895 Raja Gojong yang menempati Gyeongbok Palace meninggalkan istana ini bersama seluruh anggota keluarganya sehingga Gyeongbok Palace sepi tak berpenghuni.

Cerita tentang Gyeongbok Palace tidak sampai di situ saja. Pada tahun 1911 istana ini kembali dihancurkan oleh pemerintah Jepang yang saat itu sedang menduduki Korea. Namun tidak semua bagian Gyeongbok Palace hancur. Kemudian pada tahun 2000-an Gyeongbok Palace direnovasi kembali oleh seorang arkeolog dan dibuat seperti asalnya. Perenovasian Gyeongbok Palace oleh seorang arkeolog ini akhirnya selesai di tahun 2009.

Ketika berkunjung ke Gyeongbok Palace, kamu dapat menyaksikan seperti apa nuansa kerajaan Korea zaman dulu dengan bangunan yang megah dan luas. Kamu pun juga dapat menyaksikan penjaga istana yang memakai pakaian khas Dinasti Joseon berdiri di sudut istana sembari membawa tombak pelindung. Pastikan kamu mengabadikan setiap moment seru selama berkunjung ke Gyeongbok Palace.

Kalau kamu ingin pergi ke Gyeongbok Palace, tempat wisata di Korea Selatan ini dapat kamu jangkau dengan mudah menggunakan sarana kendaraan umum. Kamu bisa naik bus nomor 1020, 7025, 109, 171, 172, 601, atau 606 untuk sampai di Gyeongbok Palace dari halte bus kota.

4. Nami Island

Nami Island (Colurbox)
Nami Island (Colurbox)

Alamat : 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 21.45 waktu setempat
Harga tiket masuk : 8,000 won

Nami Island merupakan sebuah pulau mungil di Korea Selatan yang berbentuk seperti mangkuk. Diameter wisata di Korea Selatan ini 6 kilometer dan luasnya 460.000 meter persegi. Pulau ini merupakan pulau dengan pemandangan yang tiada duanya, setiap musimnya akan menyuguhkan panorama yang berbeda.

Di musim salju, Nami Island akan menyuguhkan pemandangan salju putih yang menutupi seluruh area pepohonan. Sementara pada musim semi, pepohonan dengan bunga – bunga bermekaran aneka warna akan menyambut kedatangan kamu di Nami Island. Kemudian pada musim gugur, suasana bunga – bunga dan daun pohon kejinggaan berguguran akan kamu saksikan.

Untuk sampai di Nami Island, perjalanan bisa dimulai dari Seoul dengan lama waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Kamu dapat memilih bus bernama Naminara Republik untuk mengantarkan kamu ke Nami Island.

Bus ini hanya tersedia satu setiap harinya dan berangkat di pukul 09.30 pagi. Jadi jangan sampai tertinggal ya!

Selain Korea Selatan, negara lain di wilayah Asia yang suka dijadikan tujuan liburan masyarakat Indonesia adalah Jepang. Jika kamu juga tertarik liburan di Jepang, ada beberapa tempat wisata keren di Jepang yang cocok kamu sambangi. Baca : 12 Tempat Wisata Jepang yang Paling Keren

3. Jeju Island

Seopjikoji, Pulau Jeju (corejeju)
Seopjikoji, Pulau Jeju (corejeju)

Alamat : Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis, hanya tiket masuk ke beberapa tempat wisata di Jeju Island yang berbayar

Begitu indah! Itulah hal pertama yang akan terlintas di benak kamu ketika datang ke Jeju Island atau Pulau Jeju ini. Pulau Jeju merupakan salah satu tempat wisata di Korea Selatan paling romantis yang ada di Korea Selatan.

Saking indahnya, banyak drama Korea Selatan yang melakukan kegiatan shooting di pulau ini. Pulau Jeju dikenal dengan objek wisata vulkanik yang indah, air terjun yang memukau, pantai dengan pasir putih luas yang tiada duanya, hamparan kebun teh hijau yang memanjakan mata dan pastinya hidangan Jeju Black Pork yang super lezat.

Di Jeju Island sendiri, memiliki banyak tujuan tempat wisata yang tentunya akan membuat pengalaman liburan kamu tak pernah terlupakan mulai dari Hallasan, Dalri Scent, Camelia Hill, Gasiri Wind Power Plant dan masih banyak lagi.

2. Everland Theme Park

Everland Theme Park (Carousell)
Everland Theme Park (Carousell)

Alamat : Korea Selatan, Gyeonggi-do, Yongin-si, Cheoin-gu, Pogog-eup, Everland-ro, 199 KR
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 22.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 38,000 won (bisa dibeli secara online, harganya tergantung di mana kamu membelinya)

Tak hanya punya wisata sejarah. wisata budaya dan taman wisata alam saja. Korea juga punya taman hiburan megah dan luas yang bernama Everland Theme Park.

Everland Theme Park ini merupakan salah satu wisata di Korea Selatan berupa taman hiburan terbesar dan terluas. Luasnya mencapai 99 hektar. Berbagai macam wahana akan kamu temukan di masing – masing zona yang disediakan.

Di Everland Theme Park, setidaknya kamu akan menemukan 5 zona dengan tema yang berbeda. Kelima zona yang disediakan diantaranya zona American Adventure, Zootopia, Global Fair, Magic Land, dan juga European Adventure.

Selain wahana-wahana yang memacu adrenalinmu, ada sebuah atraksi yang tidak boleh dilewatkan oleh para K-Pop fans. Di dalam atraksi yang bernama Live Hologram Theatre, kamu dapat menyaksikan konser K-Pop seperti G-Dragon dan AOA melalui virtual reality (VR) yang ada di sana.

Selain itu, Everland juga memiliki kebun binatang yang diberi nama Zootopia. Di dalam kamu dapat menjelajahi kebun binatang ini dengan menaiki bus terbuka dan bus tertutup yang disediakan.

Apabila kamu menaiki bus terbuka, kamu akan dibawa ke area hewan-hewan yang aman untuk disentuh dan diberi makan seperti jerapah, zebra dan alpaca. Sedangkan dengan bus tertutup, kamu akan dibawa ke area hewan-hewan yang tidak aman untuk disentuh dan diberi makan seperti singa dan beruang. Jangan lupa juga berkunjung ke Panda World untuk menyaksikan serta mendapatkan edukasi mengenai panda-panda lucu yang ada di sana.

Untuk bisa sampai di Everland Theme Park, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa membawa kamu ke salah satu wisata di Korea Selatan ini. Kamu bisa ke sini dengan naik bus umum yang dapat diakses dari Gangbyeon Station.

Alternatif kendaraan kedua adalah menggunakan shuttle bus. Terdapat empat stasiun bawah tanah yang bisa membawa kamu ke Everland Theme Park yaitu Yeongdeungpo Station, Sindorim Station, Sinnonhyeon Station atau Gangnam Station. Alternatif terakhir adalah naik subway. Akan tetapi jarang orang menggunakan alternatif kendaraan terakhir karena mereka masih harus berganti – ganti stasiun selama perjalanan untuk bisa sampai ke Everland Theme Park.

1. SMTOWN

SMTOWN (kepoper)
SMTOWN (kepoper)

Alamat : 513 Yeongdong-daero, Samseong 1(il)-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan
Map : Klik di sini
Jam buka : 11.00 – 21.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu ke SMTOWN, di sepanjang jalan akan kamu temukan gangnam doll dari berbagai grup K-Pop terkenal seperti EXO, TVXQ sampai dengan BTS. Di kawasan SMTOWN yang merupakan kawasan industri entertainment Korea, kamu akan menemukan empat agensi besar yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment, dan juga FNC Entertainment.

Nah, kamu pecinta K-Pop nih wajib keliling di sini. Kamu juga akan menemukan beberapa toko oleh – oleh yang menjual berbagai pernak – pernik K-Pop. Oh ya, kalau kamu penggemar berat K-Pop khususnya kamu para army nih, kamu bisa banget lho datang ke beberapa tempat wisata yang identik dengan grup band BTS. Apa sajakah tempat wisata tersebut? Baca : 10+ Wisata Korea Untuk Fans BTS ‘Army’

Namun kalau kamu memang masih belum punya cukup dana nih buat terbang dan jalan – jalan di Korea, Indonesia masih punya kok banyak tempat wisata unik dan menarik yang wajib kamu eksplorasi. Keindahannya juga bahkan nggak kalah dengan wisata – wisata di luar negeri. Baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

Happy holiday semuanya! Sesibuk apapun kamu, jangan lupa sempatkan waktu untuk liburan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here